Sembilu News

Proyek Pembangunan PSU Desa Ujung Ladang Diduga Tidak Sesuai Spek

Sembilunews.com – Kerinci

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat        (PUPR) melaksanakan penyaluran bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) ke berbagai Daerah untuk membantu mempercepat pencapaian Program Sejuta Rumah.

Sesuai Permendagri Nomor 9 Tahun 2009 bahwa pengertian prasarana, sarana dan utilitas umum yaitu prasarana meliputi jaringan jalan, jaringan saluran pembuangan air limbah , jaringan pembuangan air hujan ( Drainase) dan tempat pembuangan sampah.

Dalam rangka memenuhi program bantuan PSU tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas lingkungan perumahan perkotaan Kerinci dengan nama pekerjaan Pembangunan PSU Desa Ujung Ladang Kecamatan Gunung Kerinci (Swakelola) dengan Pagu Anggaran Rp. 189.774.000,-

Secara Teknis pembangunan prasarana jalan lingkungan tersebut semestinya memenuhi standar sebagai berikut: Bahu jalan T= 15 cm, Lapisan Pondasi Bawah (LPB) T= 20 cm , Lapisan Pondasi Atas ( LPA) beton K -250 tebal 15 cm , Tulangan besi diameter 12 mm jarak rajutan 15 cm SNI dan antara LPB dengan LPA menggunakan plastik Bond Breaker.

Sedangkan saat awak media ini melakukan investigasi dilapangan Sabtu 17/04/2021 diduga tidak ditemukan LPB , hanya menggunakan pasir yang dihamparkan begitu saja tanpa campuran semen, sedangkan tebal LPA 15 cm dan juga tidak ditemukan material komposisi campuran beton yang semestinya antara kerikil dengan pasir sesuai SNI, dan tulangan beton besi menggunakan besi wiremesh ukuran 5 mm, sehingga dari hal tersebut sangat diragukan kualitas atau mutu pekerjaan yang dihasilkan nantinya.

Selain itu lokasi proyek pembangunan PSU diduga berada dilokasi yang tidak ada pemukiman masyarakat sebagaimana peraturan dan petunjuk teknis sangat bertolak belakang dengan lokasi saat ini.

Saat dilokasi, para pekerja menyebutkan proyek ini dikerjakan oleh kelompok Bina Karya namun saat dipertegas tentang Bina Karya salah satu dari pekerja menyebutkan dengan nada tinggi “kami hanya bekerja, disuruh oleh oknum anggota Dewan Provinsi inisial FS, silakan hubungi saja oknum anggota dewan tersebut” Ucapnya.

Untuk memaksimalkan hasil pekerjaan seperti yang di rencanakan, pihak dinas PUPR Provinsi Jambi terutama PPK/SATKER diminta untuk melakukan pengecekan atau pengawasan melekat terhadap pihak pelaksana di seluruh proyek PSU yang ada di Kabupaten Kerinci. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap