Sembilu News

Sosialisasi dan Peletakan Batu Pertama Bantuan Hibah PJU TS Untuk Kab. Kerinci

Kerinci, Sembilunews.com.  Kabupaten Kerinci menerima bantuan hibah berupa lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya sebanyak 2.000 unit dari PT Diaz Biro Persada.

Bantuan hibah PJU TS ini dibuktikan dengan dilaksanakan acara Sosialisasi dan Peletakan Batu Pertama ” Program PJUTS Desa Terang Menuju Indonesia Terang “di Komplek STA ( Stasiun Terminal Agrobisnis ) Kayu Aro Kab. Kerinci Senen (23/03/2021).

Acara sosialisasi bantuan tersebut di hadiri oleh Edminudin Ketua DPRD Kerinci, Camat Gunung Tujuh, Camat Kayu Aro, Camat Kayu Aro Barat, Kades dan BPD Se Kec. Gunung Tujuh, Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan masyarakat dari Tiga Kecamatan

Pemasangan sebanyak ribuan lampu PJUTS ini seiring dengan program nasional untuk meningkatkan eletrifikasi masyarakat melalui penerangan jalan. Informasinya bantuan ini akan segera dipasang di sejumlah desa di Kabupaten Kerinci, tahap awal pemasangan untuk 51 desa di Kec. Gunung Tujuh, Kayu Aro, dan Kayu Aro Barat, setiap desa akan dipasang lampu PJU TS sebanyak 20 titik.

Pemasangan PJUTS itu dilaksanakan di pedesaan seperti jalan desa, fasilitas umum dan daerah yang dianggap sangat rawan kecelakaan, seperti jalan dari Simpang Sungai Sikai sampai Tangkil, selama ini belum ada lampu PJU sama sekali, padahal jalur ini sering terjadi kecelakaan dan sangat diharapkan oleh masyarakat terhadap lampu PJU yang belum terpikirkan dan dianggarkan dari anggaran APBD Kab. Kerinci maupun Provinsi.

Menjawab aspirasi yang merupakan kebutuhan dari masyarakat yang selama ini sudah sering disampaikan kepada Anggota DPRD Kab. Kerinci sebelumnya  maupun yang saat ini, bahkan jalur ini merupakan jalur yang sangat sering dilewati oleh pejabat atau pihak – pihak yang berkompeten untuk merealisasikan kebutuhan masyarakat umum.

Ketua DPRD Edminuddin, SE, MH saat memberikan arahan kepada Camat dan Kades yang menghadiri acara sosialisasi.

Edminuddin Ketua DPRD Kab. Kerinci kepada Sembilunews.com menjelaskan sangat berterima kasih kepada pihak yang memberikan bantuan hibah PJU TS untuk masyarakat Kerinci. Program hibah PJU TS ini bisa membantu pemerintah Kerinci dalam memenuhi kebutuhan penerangan jalan, baik itu jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten maupun jalan desa.

Memang diakuinya selama ini masyarakat banyak yang mengusulkan lampu PJU seperti jalan Sungai Sikai – Tangkil. Insya Allah dengan adanya program hibah PJU TS, akan diusahakan untuk ditempatkan pada titik yang rawan kecelakaan dan gelap ini, ‘ ungkap Edminuddin.

Selanjutnya Edminuddin jelaskan program hibah PJU TS untuk Kab. Kerinci merupakan usulan dari bulan Nopember Tahun 2020, melalui Partai Gerindra di pusat memperjuangkan agar Kab. Kerinci dapat bantuan Hibah PJU TS, target yang diperjuangkan untuk Kab. Kerinci sebanyak 10.000 titik.

Ia berharap agar nantinya pelaksanaan ini dapat terwujud dengan baik dan terlaksana dengan maksimal sehingga masyarakat dapat merasakan dan menikmati lampu PJUTS di desanya masing-masing, dan mengharapkan pemerintahan desa beserta masyarakat memberikan bantuan agar pemasangan lampu PJU TS di desa tidak ada hambatan dan kendala,’ harap Edminuddin. ( Red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap