Sembilu News

Kades Ladeh Diduga Gelapkan Dana Bumdes, Inspektorat Jangan Tutup Mata

Kerinci-Sembilunews.com Kepala Desa Ladeh Kecamatan Depati Tujuh Candra Setyawan diduga gelapkan Dana Bumdes 2019 .

Hal ini terkuak setelah masyarakat mengetahui adanya berita realisasi RAB bahwa anggaran Bumdes lebih kurang 90 juta sudah terealisasi seratus persen.

Menurut sumber inisial BG, dana untuk permodalan Bumdes tidak pernah disosialisasikan ke masyarakat, selama ini Bumdes bergerak di bidang apa, selain itu BG juga mengatakan tidak adanya kepengurusan Bumdes.

Lanjutnya bahwa Kades telah menganggarkan pernyataan modal Bumdes 2019 sebanyak 90 juta sesuai yang tertera di APBDes Ladeh namun tidak jelas kegunaannya.

Masyarakat meminta Kades dalam hal ini terbuka dan transparan dalam mengelola Keuangan Negara, selain itu masyarakat juga berharap pihak inspektorat jangan tutup mata dalam hal ini.

Salah satu tujuan berdirinya Bumdes adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan mengembangkan sumber daya alam yang ada, tapi jika masyarakat setempat saja tidak tahu apa kegiatan Bumdes di Desanya, ini suatu hal yang sangat membingungkan dan perlu ditelusuri oleh pihak inspektorat Kabupaten Kerinci.

Kepala Desa Ladeh Candra saat dikonfirmasi Via WhatsApp menjelaskan permasalahan ini tidak bisa dijelaskan lewat WhatsApp , adinda untuk konfirmasi sebaiknya kita jelaskan secara langsung dan tidak melalui WA dan telepon , dan mohon maaf kalau WA tidak terbaca dikarenakan Abang jarang buka Wa,” Terangnya.(al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap