Sembilu News

Desa Koto Periang Sukses Dalam Pengelolaan Bumdes.

Kerinci-Sembilunews. Com. Desa Koto Periang Kec. Kayu Aro Kab. Kerinci Prov. Jambi, memiliki program pembangunan desa dibidang bumdes.

Aula Pertemuan Bumdes Sumber Kehidupan Koto Periang

Bumdes Sumber Kehidupan Desa Koto Periang yang dibangun dari Dana Desa telah berdiri tahun 2014 dan pengukuhannya pada tahun 2019. Sebelum ini Bumdes Desa Koto Periang sudah memulainya dengan usaha Pam Desa.

Pengelolaan Pam Desa didasari oleh kondisi Desa Koto Periang yang merupakan sumber mata air yang bersih dan hygenis yang dimanfaatkan oleh beberapa desa tetangga.

Selain Pam Desa, Bumdes juga mengelola hall Badminton, lapangan bola kaki yang dimanfaatkan untuk pasar ternak setiap hari jumat, organ tunggal dan full band instrument taruna yang sudah terkenal untuk mewadahi pemuda dan pemudi dibidang seni.

Bersumber dari Dana Desa tahun 2019 dan tahun 2020, Bumdes Sumber Kehidupan Desa Koto Periang sudah membangun Aula Pertemuan yang disewakan kepentingan masyarakat desa maupun umum.

Aula pertemuan yang berdampingan dengan hall Badminton, memiliki fasilitas yang memadai dan nyaman. Fasilitasnya antara lain: sound sistem, musholla, kantin. Aula pertemuan dan hall badminton dilengkapi dengan CCTV.

Kabid Keuangan dan Aset Desa Kemdepit, S. Sos Dinas PMD Kab. Kerinci bersama staf Pemdes mengadakan kegiatan olah raga di hall badminton, kepada Sembilunews mengacungkan dua jempolnya kepada Pemerintah Desa Koto Periang dan Bumdes Sumber Kehidupan Koto Periang.

Rombongan Kabid Keuangan Dan Aset Desa sedang mencoba hiburan organ tunggal di Aula Pertemuan
Kabid Keuangan dan Aset main badminton lawan pemerintahan Desa Koto Periang

Lanjut Kemdevid mengharapkan Desa Koto Periang dan Bumdesnya bisa menjadi contoh desa-desa lainnya di Kab. Kerinci, saya sendiri sebagai pribadi mengapresiasi dan salut dengan Desa Koto Periang, “ ungkap Kabid.

Pjs. Kades Koto Periang Aprisonal, SPd kepada Sembilunews pemerintahan Desa Koto Periang sangat mendukung terhadap kemajuan Bumdes Sumber Kehidupan, secara otomatis akan meningkatkan kemajuan desa kami dan meningkatkan SDM masyarakat desa.

Aprisonal Pjs. Kades Desa Koto Periang.

Pjs.  Kades juga menjelaskan kami menerapkan sistim pengelolalan desa yang terbuka dan kerjasama dengan semua elemen dalam masyarakat.

Insya Allah, yang akan datang Pemerintah Desa dan Bumdes akan merencanakan program pembangunan kolam renang di lokasi sumber mata air, “ ungkap Pjs. Kades.( al )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap