Sembilu News

Kades Sungai Jernih Bagikan BLT DD Tahap Pertama Untuk 106 KK

Kerinci-Sembilunews.com. Masyarakat Desa Sungai Jernih Kec. Gunung Tujuh Kab. Kerinci pada Hari Sabtu 13/06 menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dengan jumlah penerima sebanyak 106 KK.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Kades beserta stafnya dan dihadiri BPD, Pendamping Desa, serta para undangan dari pihak kecamatan Gunung Tujuh.

Kades Usansudin memberikan sambutan sebelum penyerahan Dana BLT DD

Pembagian BLT DD saat itu berjalan dengan lancar dan sukses, kades membagikan ke masing-masing penerima BLT DD sebesar Rp. 600.000 per KK, namun besok harinya Minggu 14/06 mulai terdengar suara miring dari beberapa warga yang mengatakan bahwa mereka sebenarnya menerima BLT DD sebesar Rp. 470.000.

Warga mengatakan saat itu benar kami menerima Rp. 600.000 namun setelah pembagian kami harus menyetorkan kembali uang tersebut Rp.130.000 kepada panitia yang datang kerumah secara dor to dor,”terangnya.

Kepala Desa Sungai Jernih Usansudin saat dikonfirmasi media Sembilunews dikediamannya menjelaskan bahwa dirinya telah membagikan BLT DD sesuai dengan ketentuan yang ada, masing masing setiap KK menerima Rp. 600.000, namun jika terjadi hal yang dihebohkan bahwa terjadi pemotongan itu tidak benar, saat ditanya bagaimana dengan informasi yang disampaikan warga bahwa adanya kelompok yang kembali memungut kewarga penerima BLT DD tersebut.

Terkait hal diatas secara spontan kades menjawab itu benar dan sesuai keputusan musyawarah yang dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, tokoh adat dan tokoh masyarakat dan disetujui oleh penerima BLT dengan tujuan untuk membantu 62 KK yang menerima bantuan sosial dari pemerintah daerah yang nilainya hanya Rp. 250.000, mengingat agar ada keseimbangan atau kesetaraan dikarenakan penerima bantuan sosial dari pemerintah daerah yang nilainya sedikit dan juga banyak masyarakat yang betul betul tidak mampu, oleh sebab mereka sudah menerima bantuan sosial dari pemerintah daerah terlebih dahulu sehingga tidak bisa lagi dimasukan ke penerima BLT DD.

Lanjut Kades, mereka penerima BLT DD itu sudah sepakat dengan penerima bantuan sosial dari pemerintah daerah untuk menyisihkan Rp.130.000, mereka sudah membuat kelompok tersendiri untuk mengurus persoalan itu dan itu diluar tanggung jawab kades ” yang jelas saya selaku kades sudah menyalurkan Rp.600.000 per KK tanpa ada potongan apapun sama sekali,” jelasnya (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap