Masyarakat Mekar Sari Kec.Kayu Aro Kecewa Kades Tidak Transparan Bagikan BLT DD

Kerinci-Sembilunews.com. Masyarakat Desa Mekar Sari Kec. Kayu Aro Kab. Kerinci sangat kecewa sekali atas ketidakterbukaan kades dalam penyaluran BLT DD untuk masyarakat tidak mampu yang terdampak Covid 19.

Kekecewaannya diungkapkan setelah beberapa warga setempat bertemu wartawan mereka menyampaikan dugaan pengelolaan dana desa berupa bantuan langsung tunai (BLT) masih ada yang tidak tepat sasaran dan Kades Subarjo diduga mengutamakan timses yang mendukung nya saat pencalonan Kades.

Selain itu masyarakat setempat juga meminta Kepala Desa untuk menempelkan data penerima bantuan BLT DD, BST, PKH, BNPT dan bantuan lain dari pemerintah agar warga tahu siapa yang layak atau tidak untuk menerima bantuan dan agar tidak terjadinya tumpang tindih bantuan tersebut.

“Kami meminta Kades untuk menempelkan data penerima bantuan agar masyarakat tahu berapa orang jumlah penerima BLT dan berapa anggaran nya yang sudah ditentukan” ujarnya.

Program BLT DD harus tepat sasaran, masyarakat miskin akan mendapatkan Rp.600.000 tiap Kepala Keluarga per bulan selama tiga bulan.

Warga setempat yang tidak mau namanya disebutkan mengatakan jika kades tidak transparan dan tidak mau menempelkan data penerima bantuan BLT DD takut akan memicu konflik horizontal diantara masyarakat, bahkan imbasnyapun bakal menyasar perangkat desa RT dan Kadus setempat , bukan dengan cara mengumpulkan warga penerima bantuan BLT DD dilapangan sudah dikatakan itu transparan.

Untuk itu masyarakat setempat masih memberi kesempatan kepada kades untuk menempelkan data warga yang menerima bantuan BLT DD dan bantuan lain yang bersumber dari pemerintah.

Kades Mekar Sari Subarjo saat dikonfirmasi membantah semua yang ditudingkan pada dirinya , ia mengatakan soal banyaknya timses yang menerima bantuan itu karena sesuai dengan katagori yang berhak menerima bantuan BLT DD , tidak semua timses itu orang mampu dan mengenai data penerima bantuan langsung tunai (BLT) saat ini masih dalam proses pembuatan dan tetap akan ditempelkan dalam waktu secepatnya dan bantuan BLT DD ini sudah di data sebaik mungkin agar tidak tumpang tindih dengan bantuan sosial lainnya seperti PKH, BNPT dan BST,” ujar kades (AL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *