Sembilu News

Kades Mekar Jaya Salurkan BLT, Masyarakat Sangat Berterimakasih 

Kerinci-Sembilunews. Com.  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) Desa Mekarjaya Kec.  Kayu Aro Kab.  Kerinci disalurkan, Kamis, 21 Mei 2020.

Ket Photo : Suasana Penerima BLT desa Mekar Jaya.

Kades Mekar Jaya, Suprayetno menyerahkan langsung bantuan kepada penerima di Gedung PAUD Desa Mekar Jaya. Penyaluran BLT ini juga  dihadiri oleh  Edminuddin,  SE,  MH Ketua DPRD Kab.  Kerinci,  Sekcam Kec.  Kayu Aro, Babinsa Mekar Jaya,  Ahmad Sobri Pendamping Desa,  BPD dan Tokoh masyarakat setempat.

Ket Photo : Proses Pengecekan dan cuci tangan untuk mencegah Virus Covid 19

“Penyaluran bantuan dari realisasi anggaran DD sengaja digulirkan untuk percepatan penanganan dampak covid-19. Alhamdulillah, hari ini BLT dari Dana Desa bisa tersalurkan,” ucap Suprayetno.

Ket Photo : Sekcam Kec. Kayu Aro menyerahkan BLT kepada penerima.

Saat ini, banyak sumber bantuan untuk warga terdampak covid-19 yang disalurkan. Antara lain Bantuan Sosial Tunai (BST),  BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), bantuan sosial dari gubernur, bantuan dari pemerintah kabupaten, dan DD.

Kades Suprayetno menjelaskan, BLT  DD dikucurkan kepada masyarakat miskin yang terkena dampak virus Covid 19 berjumlah Rp.  600.000 untuk 110 KK, dan mengharapkan kepada penerima agar dapat memanfaatkan dana yang diterima untuk memenuhi kebutuhan pokok.

“Sesuai Permendes ini, penerima BLT desa akan mendapatkan bantuan Rp. 600 ribu per kepala keluarga. Bantuan diberikan selama tiga bulan ke depan, mulai April hingga Juni ini,” jelas Kades.

Khusus BLT-DD, kata Suprayetno, diperuntukan bagi warga miskin yang terdampak covid-19 dan tidak masuk dalam daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH), program Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT), serta kartu prakerja.

“Untuk pendataan calon penerima BLT desa, dilakukan dengan melakukan Check and balance langsung ke tiap RT, yang datanya kemudian difinalisasi melalui musyawarah desa,” pungkasnya.

Ket Photo : Ketua DPRD Kab. Kerinci sedang memberikan sambutan.

Edminuddin, SE MH Ketua DPRD Kab.  Kerinci dalam sambutannya menyampaikan hal yang sama  dengan Kades tentang manfaat dan tujuan BLT dicairkan.

Lanjut Ketua DPRD meminta kepada Kades Mekar Jaya untuk menentukan penerima secara maximal jangan mengejar minimal, supaya masyarakat banyak dapat menerima BLT ini.

Masyarakat yang  menerima BLT DD ini kepada Sembilunews. Com mengungkapkan kami sangat berterima kasih kepada Kades Mekar Jaya beserta aparatur desa lainnya,  yang telah menyalurkan BLT kepada kami,  yang telah kami tunggu pencairannya,  dana tersebut akan kami manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup kami keluarga, apalagi bertepatan dengan lebaran tahun ini, ” ungkapnya. ( red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap