Sembilu News

Diakhir Masa Jabatan Kades Sungai Sampun Mendapat Ucapan Terima Kasih Dari Warganya

Kerinci-Sembilunews.com Kepala Desa Sungai Sampun Dinal Abri saat ini masa jabatannya tinggal menghitung waktu beberapa hari lagi, masa jabatannya akan berakhir, namun diakhir jabatannya tidak sedikit warga berdatangan ke kediamannya untuk mengucapkan rasa terima kasih atas kepemimpinannya selama ini, warga juga menilai Dinal Abri selama menjabat Kades menggunakan Dana Desa sudah cukup baik dan transparan, apalagi Dana Desa pada tahun 2019 ini dengan berkat kerja sama yang baik masyarakat dan ketua BPD serta anggota maka bangunan bangunan yang mereka prioritaskan sudah terwujud.

Photo salah satu kegiatan Bumdes bidang kultur jaringan penanaman bibit kentang.

Menurut warga saat ini Kades sudah berhasil membangun gedung serbaguna yang sudah lama diharapkan masyarakat, ” selama ini masyarakat kami sangat menginginkan gedung serba guna atau gedung olah raga sepertinya mimpi mereka saat ini sudah terwujud,” terangnya.

Lanjut warga pada tahun sebelumnya Dana Desa Sungai Sampun digunakan untuk membangun jalan usaha tani, jalan lingkungan, drainase serta memasukkan air bersih ke desa.

Apalagi air bersih yang merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat dan sangat diharapkan terutama bagi ibu- ibu.

Selain itu untuk mewujudkan desa sejahtera dan mandiri peran Kepala Desa merupakan salah satu kuncinya. Jika Kades kurang aktif dan tidak bekerja sama dengan warga tentunya desa akan terhambat pembangunannya dan jauh dari kemajuan, untuk itu jika warga menginginkan desa maju , sejahtera serta mandiri itu semua tidak terlepas dari peran dan kerja sama seluruh masyarakat yang ada di desa setempat.

Saat ini Kepala Desa Sungai Sampun Dinal Abri bukan lagi sosok pemimpin yang hanya menjalankan instruksi dari struktur diatasnya yaitu Kecamatan dan Pemerintahan Kabupaten, dirinya harus menjadi arsitek bagi bangunan ekonomi desanya sendiri.

Kemampuan warga desa ini tidak bisa lahir dan berkembang dengan sendirinya. Kepala Desa harus mampu menjadi arsitek sekaligus dalam mengatasi problem  ekonomi desanya sehingga berbagai keterbatasan yang dimiliki warga desa harus dipecahkan oleh Kepala Desa dan stafnya, BPD serta tokoh masyarakat setempat.

Selain itu sangat penting bagi setiap Kepala Desa untuk mengetahui potensi ekonomi desanya. Hal ini sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan kesejahteraan warganya mengingat Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam, terutama produk pertanian dan kelautan potensi yang tidak boleh disia-siakan.

Dengan mengetahui potensi ekonomi desa proses meningkatkan kesejahteraan akan lebih terarah dan tepat sasaran. Seperti yang sudah dilakukan oleh Dinal Abri Kepala Desa Sungai Sampun mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat dari pengembangan Bumdes yang bergerak dibidang pertanian sesuai dengan potensi desanya saat ini.

Dengan adanya Bumdes ini masyarakat sudah banyak terbantu baik itu bibit kentang permodalan dan lapangan pekerjaan , disamping itu Kades juga sudah mendirikan toko obat khusus untuk pertanian yang rencananya dikelola langsung oleh Bumdes , agar bisa membantu langsung masyarakat yang belum memiliki modal.

Selaku Kepala Desa juga harus mulai paham bahwa arsitektur pembangunan desa tidak lagi identik dengan pembangunan fisik, melainkan juga masalah pemberdayaan, selama ini pemberdayaan sering dianggap sebagai agenda nomor dua setelah fisik, sehingga seringkali pembangunan fisik yang sudah dilakukan selama ini tidak menjawab kebutuhan warga untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Untuk itu sebagai Kepala Desa, harus mampu mendesain desa yang semula hanya berpradikma pembangunan sarana fisik adalah yang utama, kini harus diubah.

Dinal Abri saat dikonfirmasi menjelaskan kini harus memposisikan dirinya sebagai mesin ekonomi yang efektif bagi warganya. Agar masyarakat
Desa Sungai Sampun bisa puas selama kepemimpinan nya , sebab sebelum dirinya menjabat kades masyarakat desa ini hampir rata-rata merantau untuk mencari nafkah dan perekonomiannya,” untuk saat ini tidak ada lagi masyarakat saya yang merantau ” karena upaya dirinya agar mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan membuat perekonomian warga semakin membaik sudah terwujud,” ungkapnya. (AL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap