Sembilu News

Ponikem Pjs. Kades Desa Mekarsari di Duga Tidak Transparan Dalam Kelola Dana Desa

Kerinci-SembiluNews.Com. Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Mekarsari Kec. Kayu Aro tahun 2019 dikelola secara tidak transparan dan asal jadi.
Desa Mekarsari sudah dua periode Dana Desa dikelola oleh Ponikem selaku Pjs. Kepala Desa dan juga sebagai ASN Bidan di PKM Kersik Tuo.

Tidak transparannya Pengelolaan Dana Desa Mekarsari salah satunya dibuktikan dengan tidak terpasangnya papan informasi APBDesa ditempat umum seperti Kantor Kepala Desa. Walaupun papan informasi merupakan salah satu bagian terkecil dari wujud transparansi pengelolalaan Dana Desa yang diamanahkan oleh Undang undang atau petunjuk teknis lainnya.

Selain papan informasi, hasil investigasi Sembilunews di Desa Mekarsari yang sempat diwawancarai yaitu Ketua BPD dan Kasi Keuangan, dalam menelusuri indikasi ketidaktransparannya pengelolaan Dana Desa Mekarsari.

Jumanto Ketua BPD kepada Sembilunews.com jelaskan bahwa dalam pelaksanaan Dana Desa Mekarsari, ia sebagai Ketua BPD hanya pernah memantau para tukang bekerja, tapi tidak mengetahui dalam pengawasan sebenarnya harus berdasarkan RAB dan Gambar kerja. Saat ditanya pernahkan melihat RAB dan Gambar? Jumanto jelaskan pernah tapi tidak begitu memperhatikan yang penting ada dilaksanakan,” ungkap Jumanto Ketua BPD.

Selanjutnya Mely Lestari A.Md.Rad Kasi Keuangan juga jelaskan kepada Sembilunews, sampai saat ini saya walaupun sebagai Kasi Keuangan saya tidak begitu mengetahui masalah keuangan, karena masalah keuangan langsung ditangani Ponikem selaku Pjs. Kepala Desa. Transaksi tentang keuangan dan pembayaran semuanya dengan Pjs Kades, saya tidak tau menahu masalah uang Dana Desa, karena saya masih baru sebagai kasi keuangan,“ ungkap Mely.

Menjadi pertanyaan transparan dan sesuai jukniskah Ponikem sebagai Pjs. Kades dalam mengelola Anggaran Negara yang berwujud Dana Desa? Rumput yang bergoyang dan waktulah yang bisa menjawab. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap