Sembilu News

Sekdes Giri Mulyo Monopoli Kegiatan Dana Desa dan Pura Pura Bengak

Kerinci-Sembilunews.Com. Pembangunan di Desa Giri Mulyo saat ini sedang dilaksanakan, bersumber dari APBN dalam bentuk Dana Desa Tahun Anggaran 2019.

Pemerintah dalam mengucurkan anggaran yang besar untuk Desa dengan tujuan demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat di desa, prinsif pengelolaannya secara transparan dan akuntabilitas.

Ironisnya pengelolaan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Giri Mulyo Tahun 2019 dikelola oleh Sekdes Suginarto bersama Bendahara Walgi Aniko tanpa melibatkan Pjs. Kades.

Sekdes Suginarto sudah menjabat sebagai Sekdes selama dua periode Kades sebelumnya, pengakuan sekdes selama ini walaupun dia menjabat sebagai sekdes, dia tidak pernah dilibatkan dalam pelaksanaan Dana Desa, baru kali ini saat Pjs. Kades Dedi Heryanto menyerahkan sepenuhnya kepada sekdes untuk mengelola Dana Desa bersama Bendahara Desa.

Saat dikonfirmasi Sembilunews.com perihal adanya dugaan pengelolaan Dana Desa secara monopoli, Suginarto jelaskan kalau ada yang perlu ditanyakan tentang Dana Desa silakan tanyakan kepada TPK, kalo pingin tau gambar kerja kegiatan fisik itu tidak bisa, karena hanya yang berhak  pihak Inspektorat Kab. Kerinci, namun sekdes terkesan pura pura bengak dan ngotot kalo Gambar dan RAB yang ditanyakan, keluar jawaban dari mulutnya, yang berhak hanya Inspektorat saja.

Hal yang sama juga diakui oleh Dedi Heryanto Pjs. Kades,  Dedi sangat heran dengan sistim pengelolaan yang dilaksanakan Sekdes dan Bendehara. Saya sendiri sebagai Pjs. Kades, Rab dan Gambar tidak mau dikasih oleh sekdes, apalagi kalau berurusan dengan bendahara, bendahara sampaikan kepada Pjs. Kades haruslah minta izin kepada Sekdes, kenyataan seperti yang diungkap Pjs. Kades sangatlah terbalik, padahal Pengguna Anggaran saya sendiri selaku Pjs. Kades, “ ungkap Dedi dengan kesal dan kecewa. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap