Sembilu News

Parah , Kades Bedeng Baru Kerjakan Dana Desa Asal Asalan, inspektorat Diminta Jangan Asal Terima

Kerinci-Sembilunews.com. Kasdi Kades Bedeng Baru Kec. Kayu Aro Kab. Kerinci saat ini banyak menuai kritikan dari masyarakatnya sendiri soalnya dalam pengelolaan dan pengalokasian anggaran Dana Desa dipertanyakan transparansinya.

Menurut masyarakat setempat yang tidak mau namanya disebutkan , selama ini Kepala Desa Bedeng Baru terkesan sarakah dan ingin mencari keuntungan besar serta menjadikan Dana Desa sebagai bancakan pribadi. Soalnya proyek Dana Desa sudah dua tahun berturut-turut Kades hanya membangun sesuai keinginannya sendiri dan tidak ada musyawarah, hal ini tampak jelas kades dari tahun kemaren hingga tahun ini hanya membangun tutup drainase saja . Mungkin merasa keuntungannya lebih besar hingga dia menjadi kecanduan mengerjakan pekerjaan yang sama.

Selain itu pembangunan jalan rabat beton pada tahun 2017 juga sudah hancur dan rusak berat.

Penggunaan Dana Desa dan ADD Bedeng Baru berseberangan dengan PP No 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN yang menyebut Dana Desa dikelola secara tertib , taat pada ketentuan perundang-undangan, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan serta mengutamakan kepentingan masyarakat. Namun semua itu diabaikan dan dikesampingkan oleh Kasdi.

Ket Photo. Tampak Penutup Drainase yang sudah retak..

Pekerjaan tutup drainase saat ini masih tahap pengerjaan namun sangat disayangkan sudah banyak yang patah dan retak akibat dikerjakan asal asalan.

Selain itu drainase yang ditutup kedalamnya hanya sejengkal saja atau lebih kurang 20 cm, apalagi kondisi drainase juga sudah tidak layak , demi melancarkan pekerjaan nya Kades hanya menempel drainase yang rusak agar bisa memasang tutupnya.

Padahal menurut masyarakat setempat masih banyak yang mau dibangun yang lebih penting dan mendesak , bukan hanya membangun itu itu saja tiap tahun ” mungkin dia Kades merasa keenakan kalau mengerjakan tutup drainase bisa dapat untung banyak hingga dia bisa Gonta ganti mobil tiap tahun, “cetus warga berwajah kesal.

Masyarakat setempat sangat berharap pihak inspektorat agar memeriksa proyek Dana Desa Bedeng Baru agar permasalahan tidak berlarut larut dan jangan dikerjakan asal jadi saja , masyarakat saja bisa menilai mana yang baik dan buruk , apalagi inspektorat seharusnya bisa lebih profesional dalam pemeriksaan jangan asal terima saja.

Ketua LSM P2AN Zamzamil menegaskan bisa saja ini diakhir jabatan Kades Bedeng Baru Kasdi memanfaatkan kepentingannya untuk persiapan pencalonan dirinya pada tahun 2020 , untuk itu makanya masyarakat setempat kedepannya harus betul betul melihat calon Kades yang profesional dan bisa transparan dalam mengelola keuangan desa , sebab maju atau mundurnya suatu desa itu tergantung dengan Kepala Desanya Sendiri.( AL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap