Sembilu News

Kelabui Masyarakat, Kades Tanjung Genting “Balut” Drainase Lama menjadi Baru

Kerinci-Sembilunews.com. Turunnya dana desa (DD) ke setiap desa, membuat para oknum kades selalu mencari cara untuk untuk dapat mengeruk keuntungan demi memperkaya diri sendiri, tak terkecuali di Kabupaten Kerinci.

Ket photo. Gambar drainase lama yang dipoles kembali.

Berdasarkan data, di Kabupaten Kerinci diketahui ada sejumlah kepala desa yang sedang tersandung kasus dugaan korupsi dana desa yang sedang menempuh proses hukum. Terjadinya hal tersebut, diduga karena lemahnya pengawasan dari instansi terkait, yakni mulai dari Camat, Inspektorat, Pemdes, Bupati, serta pihak Kepolisian dan Kejaksaan.

Berdasarkan hasil investigasi wartawan sembilunews.com di lapangan, salah satu desa di Kecamatan Gunung Kerinci yang paling mencolok ialah Desa Tanjung Genting Kecamatan Gunung Kerinci.

Oknum Kades Tanjung Genting, Asmir, diketahui berusaha mengelabui masyarakatnya dengan cara membalut bangunan drainase lama dan memolesnya agar terlihat seperti bangunan baru. Dengan demikian, jelas akan lebih bayak keuntungan yang akan ia dapatkan.
“Parah nian kades kito ini, tidak transparan ngurus dana desa, itu drainase lamo dibalitnyo dipoles menjadi baru” ujar Pendi, salah seorang warga Desa Tanjung Genting saat wartawan sembilunews.com saat melakukan investigasi di lapangan.

Sebagai bukti tidak transparannya Kades Asmir dalam mengelola dana desa, diketahui ia tidak pernah memasang baliho info grafik dana desa untuk diketahui masyarakat. Hal ini jelas kuat terindikasi korupsi.
Sementara itu, Camat Gunung Kerinci, Selhanuddin, ketika dihubungi via nomor handphonenya, nomor tersebut diangkat oleh istri pak camat,” Beliau dak ado lumah, hape sido tinggan” ungkap buk camat.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap