Sembilu News

ALEK NAGARI LAGAN, PORBI MARENTEN

Sembilu News (Sungai Penuh) Nagari Lagan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar Alek nagari, Porbi Marenten, di dalam alek nagari ini banyak Porbi (Persatuan Olah Raga Buru Babi) berkumpul di acara alek nagari ini, seperti Porbi Solok, Bengkulu, Bukittinggi, Padang, serta Porbi dari Sungai Penuh yang ikut serta untuk memeriahkan  dalam alek nagari ini. (1/9/2019)

Selain dihadiri oleh para pecinta Porbi dari berbagai daerah, acara ini juga dihadiri oleh  Kapolsek Linggo Sari Baganti, Iptu Hardi, yang juga ikut berpartisipasi di dalam alek nagari ini.

Sejatinya Porbi ini bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi di antara para pecinta olah raga buru babi ini. Disamping sebagai kebugaran, Porbi ini juga sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat, untuk memburu babi yang juga bertujuan untuk membasminya yang kerap menjadi hama bagi tanaman pertanian warga.

Tony kaliang, salah satu anggota Porbi dari Sungai Penuh, sangat antusias mengikuti alek nagari ini, “Kami dari Porbi Sungai Penuh, sangat senang sekali bisa ikut dalam Alek Nagari Marenten ini, kedepannya agar ada diadakan lagi acara seperti ini, agar terciptanya tali siturahmi yang baik di antara Porbi ini”.

Hal senada juga disampaikan oleh Pal 54, Dengan adanya marenten ini diselenggarakan, “selain dapat memperkuat tali silaturahmi antara porbi, bisa dijadikan juga sebagai ajang kebugaran bagi para pecinta porbi, dan harapannya agar Kota Sungai Penuh bisa membuat kegiatan sama seperti ini sekaligus mempromosikan wisata Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci”.

Dalam wawancara dengan Tim dari Sembilunews.com, AKP Hardi mengatakan bahwa “ajang Marenten ini bertujuan untuk mengikat tali persaudaraan antara Pecinta Porbi kemudian di satu sisi dari pihak kepolisian berharap dengan adanya kegiatan marenten ini agar dapat menyampaikan pesan kantibmas agar menjaga keamanan  dan ketertiban di lingkungan masing-masing”.

Jon Dahmuri Anggota Porbi dari Sungai Penuh pun sangat senang sekali bisa datang di alek nagari Marenten ini, “Dengan berkunjungnya ke alek nagari Marenten ini, dapat mempeluas pergaulan sesama pecinta porbi dan kalau bisa Alek ini diadakan dengan lebih besar dan meriah lagi”

Hen 77 Anggota Porbi Sungai Penuh juga menyampaikan hal yang serupa, ingin datang dan diundang setiap acara berburu babi keluar daerah(Joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap