Fungsi Bendungan Siulak Deras Terhalang Tumpukan Material, BWSS VI Diminta Segera Bertindak

Sembilu.News – KERINCI. Air yang merupakan kebutuhan bagi petani padi di sepanjang Irigasi Siulak Deras yang melintasi sebagian besar areal persawahan warga kabupaten kerinci terancam tidak mendapat pasokan air. disebabkan pintu air yang merupakan saluran masuk dari Bendungan Siulak Deras menuju saluran irigasi tidak dapat berfungsi dengan baik akibat dari tumpukan Matrial yang telah memenuhi permukaan Bendungan tersebut.

Muktar Gani Penjaga Bendung Siulak Deras kepada media ini (14/7) mengatakan apa bila Endapan Sedimen di dasar sampai permukaan Bendungan tidak segera di Normalisasikan maka sangat sulit bagi kami untuk mengatur aliran air menuju irigasi, karena pergerakan Air menuju pintu Bendungan terhalang tumpukan Matrial Galian C yang hanyut dari Hulu selama musim penghujan lalu.

Ditambahkan Muktar gani yang mana pada tahun sebelum nya di setiap akhir musim Hujan maka pihak BWSS VI (Balai Wilayah Sungai Sumatera) selaku pihak yang berwenang dalam mengelola Bendungan ini sudah melakukan kegiatan Normalisasi namun entah kenapa sampai saat ini belum juga dilakukan, Padahal jika melihat kondisi cuaca saat ini sudah masuk musim kemarau maka Petani padi di sepanjang irigasi siulak deras yang pasokan kebutuhan air nya berasal dari bendungan ini akan terdampak jika Bendungan ini tidak segera di Normalisasikan.

Selain menormalisasi Bendungan agar air bisa lancar bagi memenuhi kebutuhan petani, juga perlu dilakukan perbaikan di beberapa titik saluran irigasi agar air bisa sampai ke hilir atau ujung dari irigasi siulak deras tersebut, dan mungkin dengan cara memaksimalkan penggunaan Anggaran O&P maka aliran air bisa menjangkau sampai ke ujung irigasi sehingga kebutuhan Air bagi Petani kerinci dapat terpenuhi. (***)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *