Hebat…. Ratusan Orang di Lubuk Tabun Tidak Menggunakan Hak Pilih, Tapi Surat Suara Nyaris Habis Terpakai

Sembilunews- Kerinci. Ratusan orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Lubuk Tabun Kecamatan Siulak Mukai diketahui tidak menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 17 April 2019. Meski demikian, kertas surat suara nyaris habis terpakai. Hal ini terjadi di TPS 1 dan TPS 2 desa tersebut.

Hal ini tentusaja menarik perhatian masyarakat di Kabupaten Kerinci, khususnya di Dapil satu setelah mengamati C1 di dua TPS Desa Lubuk Tabun tersebut.

Berdasarkan C1 di TPS 1 dan TPS 2 Desa Lubuk Tabun, diketahui suara suara yang terpakai hampir mencapai 100 persen. Padahal, diketahui banyak warga yang tidak ikut memilih, dan bahkan jumlahnya tidak tanggung- tanggung, yakni hingga ratusan orang. Hal itu dikarenakan beberapa alasan, yakni, para pemilih yang terdaftar di DPT Desa Lubuk Tabun juga terdaftar di Desa Lain dan mereka telah menggunakan hak pilih mereka di desa lain.

Dan juga banyak yang tidak sempat datang ke Lubuk Tabun karena alasan lainnya.

“Kami sekeluarga tidak memilih di Desa Lubuk Tabun, karno kami memilih disini” ujar Permadi, salah seorang warga Koto Tengah Kec. Air Hangat Barat yang namanya juga terdaftar DPT Lubuk Tabun saat ditemui di kediamannya di daerah Semurup.

Ia beserta anak dan istrinya, mengaku telah menggunakan hak pilih mereka di TPS 2 Desa Koto Tengah Kecamatan Air Hangat Barat. “Kami benar- benar tidak menggunakan hak pilih di Lubuk Tabun, meskipun nama kami juga terdaftar disana” terang Permadi yang diperkuat oleh istrinya.

Danel warga Plak Naneh Kec. Siulak yang terdaftar di DPT Lubuk Tabun tapi tidak menggunakan hak pilihnya

Tak hanya itu, Danel, salah seorang warga Desa Pelak Naneh Kecamatan Siulak, juga mengakui bahwa dirinya tidak menggunakan hak pilih di Desa Lubuk Tabun, meskipun namanya terdaftar di DPT Lubuk Tabun. “Aku dan orang rumah memilih disini, tidak di Lubuk Tabun” ungkap Danel.

Dengan demikian, kuat dugaan bahwa telah terjadi manipulasi data dan daftar hadir pemilih di Desa Lubuk Tabun, dan tentusaja akan menuai protes dari sejumlah partai politik yang merasa dirugikan. ( red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *