Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang Dapil 2 Kerinci Dihadiri Bawaslu Provinsi

Sembilunews-Kerinci. Menjelang pemilu 17 April 2019 Bawaslu Provinsi menghadiri apel siaga yang bertajuk apel siaga patroli pengawasan anti politik uang, acara ini dihadiri seluruh Panwaslu Wilayah Kayu Aro , Gunung Tujuh dan Kayu Aro Barat serta jajarannya yang berlangsung dilapangan M10 Desa Lindung Jaya Kec. Kayu Aro.

Rofiqoh Febrianti sedang menyalami dan bertatap muka langsung dengan peserta apel siaga.

Rofiqoh Pebrianti, SP Kordiv SDM Bawaslu Provinsi   Jambi memimpin langsung apel persiapan pemilu 2019, dalam sambutannya Rofiqoh membaca sambutan Ketua Bawaslu RI, Abhan, SH. Selanjutnya beliau juga mengatakan jajaran Bawaslu tingkat Kabupaten hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), akan mengintensifkan patroli pengawasan guna mencegah adanya politik uang di seluruh Kabupaten Kerinci

Apel tersebut diikuti ratusan jajaran pengawas dan Sekretariat Panwascam dapil 2 Kerinci, serta dihadiri Camat Kayu Aro Barat, Camat Kayu Aro, unsur TNI dan Polri. Bawaslu Provinsi menegaskan bahwa jadwal pemilu yang sudah memasuki  masa tenang dan hari pemungutan suara, mulai dari jajaran pengawas (Bawaslu) tingkat Kabupaten hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), akan intensifkan patroli pengawasan dalam mengantisifasi politik uang di seluruh Kabupaten Kerinci terutama seluruh wilayah dapil 2.

Rofiqoh Febrianti bersama Panwaslu Kec. Gunung Tujuh.

Menurut bawaslu, masa tenang yang dimulai 14-16 April 2019 mendatang, meski namanya masa tenang tetapi merupakan waktu yang krusial dan penting sekaligus menguji komitmen dan integritas masyarakat, peserta pemilu dan khususnya jajaran pengawas.

“Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya masa tenang ada kecenderungan praktek politik uang, kecurangan dan hoax kerap kali muncul,” katanya.

Hal itu yang harus diperhatikan oleh seluruh jajaran pengawas agar selalu siap siaga dan rutin mengedepankan untuk patroli pengawasan dengan melibatkan stackholder yang ada di semua tingkatan.

Sebagai pengawas lanjutnya, harus selalu ingin tahu apa yang terjadi di sekeliling kita, upaya mempengaruhi pemilih oleh peserta pemilu dengan iming-iming uang dalam jumlah yang cukup banyak, kemungkinan muncul dan hal itu harus diawasi dengan baik.

Pengawas TPS adalah garda terdepan harus benar benar memahami dan mengetahui aturan sebelum menjalankan aturan itu sendiri, PTPS harus betul betul tahu tahapan tahapan apa yang harus mereka kerjakan menjelang hari H nanti.

Jatra Parmana Kordiv PHL Bawaslu Kab.Kerinci juga mengatakan sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan suara terlebih dahulu dihadapkan dengan tugas megawasi masa tenang, masa ini lanjutnya untuk menghindari terjadinya politik uang (money politic).

Selesai Acara peserta apel siaga menuju PPK Gunung Tujuh untuk pengawasan kotak suara.

Seusai acara apel tersebut dilanjutkan dengan pelepasan patroli ke masing masing wilayah kecamatan mereka. Bawaslu Provinsi menyempatkan diri turun langsung ke lapangan untuk mengecek kotak suara dimasing masing kecamatan, Kali ini Bawaslu provinsi didampingi Bawaslu Kabupaten langsung menuju Kecamatan Gunung Tujuh dan mengecek semua kesiapan tahapan tahapan pemilu. (Eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *