Sembilu News

DI DUGA PELAKU PENAMBANGAN MINYAK ILEGAL DI POMPA DAN BUNGKU BANYAK BERASAL DARI LUAR JAMBI

Sembilu News-Muara Bulian. Penambangan minyak liar (illegal drilling) daerah bungku dan pompa air Kec . Bajubang Kabupaten Batanghari didominasi oleh penambang liar dari luar daerah Propinsi Jambi.

Dalam penelusuran media ini, melalui konfirmasi pihak terkait dan pantauan dilapangan diduga kuat memang benar adanya para penambang liar itu sendiri sebagian besar berasal dari daerah luar kabupaten dan Propinsi Jambi.

Lahan pribadi yang dibisniskan mengeruk hasil bumi Batanghari sedikitpun tidak ada memberikan kontribusi pada pemerintah setempat, dan yang lebih buruknya lagi penambangan ilegal itu merambat ke lokasi hutan rakyat.

Bupati Batanghari Ir.H. Sahirsyah sangat kecewa dengan apa yang terjadi di kabupaten yang di pemimpinnya ini, mengecam tindakan penbangan liar tersebut. Pihak Pemda setempat bekerjasama dengan Polres Batanghari membentuk tim khusus guna untuk menindak penambangan ilegal itu.

Pemda Batanghari telah menyurati dan melaporkan ke Kementerian ESDM terhadap aktivitas penambangan ilegal di Kab Batanghari sekarang ini. Kita butuh proses kata Sahir, soalnya untuk penyelesaian masalah ini memang harus di ambil tindakan tegas dan harus di dukung oleh pihak pihak terkait dan masyarakat setempat.

Kerusakan lingkungan akibat penambangan ilegal ini sungguh sangat meresahkan masyarakat sekitar, apalagi kebun sawit dan karet warga bungku dan pompa air ini sudah banyak yang layu dan mati akibat pencemaran dari minyak mentah tersebut,” ungkap Sahirsyah.

Surat sudah kami kirmkan ke Kementerian ESDM tentang penambangan minyak liar ini, sekarang kita masih menunggu jawaban dari Kementrian ESDM. Dan juga saya (Sahirsyah) sudah mengutus utusan ke Jakarta ke Kementrian ESDM untuk mempertanyakan laporan yang kami sampaikan kepada pihak kementerian, ” ungkap Sahisyah.

Penambangan minyak ilegal di Kecamatan Bajubang dan sekitarnya telah merusak alam dan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia sekitarnya akibat pencemaran yang di hasilkan oleh pertambangan liar tersebut, peran pemerintah dan pihak keamanan sangatlah di butuhkan demi kelangsungan hidup masyarakat sekitar area penambangan itu sendiri.

Reporter : Idham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap