Pelatihan Bumdes Enam Desa di Kec. Kayu Aro Barat

SembiluNews-Kerinci. Pelatihan Bumdes Enam Desa di Kecamatan Kayu Aro Barat telah dilasanakan pada hari Kamis  24/ Jan /2019. Kegiatan pelatihan tersebut bertempat  di desa Sungai Jambu  yaitu Desa Patok Empat, Desa Kebun Baru, Desa Sungai Lintang, Desa En Satu, Desa Gunung Labu, Desa Sungai Renah.

Pelatihan Bumdes tersebut dipandu oleh Widia Mayasari Kasi Bumdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci dihadiri oleh Camat Kayu Aro Barat Agus Bagiyono dan pendamping Kecamatan Jumirah, pengurus Bumdes dan Kepala Desa Kayu Aro Barat 6 Desa tersebut.

Kasi Bumdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci Widia Mayasari disaat menyampaikan materi pelatihan bumdes, kepada pihak pengelola bumdes agar mengelola bumdes dengan terarah secara baik,  dapat menguntungkan bagi masyarakat, dengan adanya dana desa program bumdes hendaknya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa .

Selain itu Kasi Bumdes ini juga menghimbau kepada pihak pengelola bumdes untuk  mengelola bumdes  secara transeparans kemasyarakat karna dana yang dikelola sumbernya dari dana desa dan masyarakat juga berhak untuk mengatahuinya.

Menurut keterangan Jumirah pendamping Kecamatan Kayu Aro Barat mengatakan bumdes yang ada di Kecamatan Kayu Aro Barat yang telah berjalan TA. 2018 yaitu  Desa Patok Empat Kades Dedi Admanto, Bumdes PAM Desa  Kebun Baru Supiyan, Bumdes PAM Desa Sungai Lintang.

Kades Kebun Baru Supiyan menjelaskan selain PAM Desa, ada Bumdes lainnya yaitu penanaman kentang.

Camat Kayu Aro Barat AGUS BAGIYONO menyarakan kepada kelompok bumdes yang ada di Kecamatan Kayu Aro Barat agar dapat mengembangkan bumdes  yang terarah sesuai dengan potensi desa masing-masing sehingga dana bumdes terealisasi tepat pada sasarannya. (SPM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *