Sembilu News

Lapas Bangko Menuju Lapas Produktif.

Sembilu.News – MERANGIN. Menapaki tahun 2019 yang akan segera datang dalam beberapa hari kedepan, kegiatan Bimbingan Kerja Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bangko telah bersiap diri dengan tekat untuk menjadikan Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bangko menjadi Lembaga Pemasyarakatan Produktif.

Beberapa kegiatan pembinaan terhadap WBP (warga binaan pemasyarakatan) yang telah dipersiapkan diantaranya : kegiatan pertanian tanaman sayuran seperti sayuran Kangkung, sawi., kacang panjang, jagung manis dll, pembinaan kerajinan dan industri kreatif berbahan baku dari bambu wulung berupa: meja kursi bambu, tilam bambu, tempat gelas air mineral, asbak dan Kegiatan pembinaan lainya seperti perbengkelan sepeda motor.

Rencana dan kegiatan telah mendapat dukungan penuh dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bangko serta respon positif dari WBP sebagai bentuk persiapan diri bagi WBP sebagai bekal ilmu dan keterampilan setelah kembali ketengah masyarakat setelah habis menjalani masa pidana nanti.

Ketika di konfirmasi kepala Lapas Bangko melalui Kasubsi Bimker Sujono menyampaikan kepada awak kami,
” Patut diacungkan jempol,
7 orang WBP ( warga binaan permasyarakatan ) telah menguasai jurus-jurus yang dititiskan kepada mereka, bermodal lahan tandus berbatu, peralatan seadanya sisa kejayaan lalu dan sebungkus bibit sayuran dalam tempo beberapa bulan, para WBP berhasil mengubahnya menjadikan pertanian yang produktif, kegiatan Bimbingan kerja Lapas Kelas IIB Bangko kembali bangkit untuk menuju perubahan kearah yang diinginkan, seperti di bidang pertanian Lapas bangko telah menghasilkan.

Sekarang ini bimker telah mampu untuk memenuhi sebagian kebutuhan sayuran di Lapas dan mulai menerobos pasar di Bangko. Sementara di bidang pertukangan dan bangunan, telah di turunkan oleh pakarnya jurus- jurus dalam membuat kursi tamu dari bambu dan membuat batako. Pada bagian industri kreatif, personel bimker piawai dalam menciptakan kerajinan tangan berupa asbak, pas bunga, miniatur motor, bunga hias, tempat aqua dan lain sebagainya. Dan satu yang tak kalah uniknya, tentang niatannya Kalapas yang berencana akan menyulap Lapas bangko ini menjadi Lapas bambu.
Terbukti dengan hasil produksi kursi bambu, tempat air mineral, asbak sudah mulai ada yang pesan dan mulai di minati oleh masyarakat.” demikian tutupnya. ( * )

REPORTER : Deni HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap