Sembilu News

Tidak Berfungsi : Saluran Pembuangan Di Desa Bengkolan Dua, Akibatkan Air Lahar Dingin Masih Menggenangi Jalan Lintas Sei. Penuh – Padang

SembiluNews-Kerinci. Saluran Pembuangan Desa Bengkolan Dua Kec. Gunung Tujuh baru saja Selesai dibangun pada Tahun Anggaran 2018 ini. Anggaran Saluran ini bersumber dari APBD Kab. Kerinci senilai lebih kurang Rp. 200 Jt.

Saluran Pembuang Desa Bengkolan Dua ini dibangun dengan tujuan utama untuk mengatasi permasalahan banjir bandang lahar dingin disaat musim hujan. Selama ini banjir bandang lahar dingin dikala musim hujan mengenangi jalan lintas Sungai Penuh – Padang.

Ironisnya setelah selesai dibangun, saluran ini tidak berfungsi sama sekali. Pantauan media Sembilunews disaat terjadinya banjir bandang, sangat disayangkan saluran ini tidak berfungsi. Air yang datang dari areal kaki Gunung Kerinci ini masih menggenangi  jalan jalur Sungai Penuh Padang ini.

Salah seorang masyarakat Desa Bengkolan Dua yang enggan disebutkan identitasnya, mengungkapkan kepada Media Sembilunews “untuk apa dibangun saluran ini kalau tidak berfungsi untuk menjadi saluran pembuangan lahar dingin ini, lebih baik dibangun box culvert saja. Padahal saluran drainase yang dibangun dari dana Desa sudah ada, malah ada dua saluran dilokasi banjir tersebut, mestinya tinggal menyalurkan ke drainase tersebut dari sumber banjir” Ungkapnya.

Alangkah baik,  yang akan datang dalam perencanaan suatu kegiatan proyek untuk dapat memikirkan manfaat dari proyek sehingga tidak terkesan pemborosan uang negara. ( Tim )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap