Sembilu News

Miris…SDN 79 Simpang Tutup Kekurangan Guru PNS

Sembilu News – Kerinci, Miris Kabupaten Kerinci kekurangan Guru PNS, diduga  karna tidak tegasnya Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci dalam hal pemerataan penempatan guru.

Seperti yang terjadi pada  SDN No. 79 / III Simpang Tutup Kecamatan Gunung  Kerinci, jumlah murid SD dari kelas  I sampai kelas VI sudah mencukupi mirisnya hanya ada dua orang guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil selebihnya tenaga Honorer dari  TU hingga guru, hal ini tentu jadi kendala untuk mendidik siswa disekolah tersebut.

Photo SD No. 79 Desa Simpang Tutup, Kecamatan Gunung Kerinci

Salah satu guru ketika dihubungi Sembilu News  mengatakan “Kami sudah melaporkan ke Pengawas Sekolah tentang keluhan bahwa  kami  kekurangan tenaga guru PNS dan kami kebanyakan dibantu oleh tenaga guru Honorer tapi sampai saat ini belum ada realisasi teragnya”.

Salah satu masyarakat Desa Simpang Tutup mengatakan “hal ini tentu merugikan  kami sebagai masyarakat karna anak dan keponakan kita sekolah di sana tentu tidak cocok dengan guru PNS yang ada saat ini dengan jumlah murid yang sekian banyaknya, kalau tidak ada tindakan dari Dinas Pendidikan mengenai  kekurangan Guru PNS tersebut kami akan demo untuk memalang atau memaku pintu Sekolah sebutnya. Ditambah kan lagi oleh masyarakat kalau tidak ada solusi Guru PNS usahakan saja diangkat Guru Honorer menjadi Guru Kontrak karna Guru Honorer tersebut lebih dekat dengan murid imbuhnya”.

Dan salah satu Guru Honorer kepada SN mengatakan  “kami  mengajar dua kelas sekaligus dalam  jam yang sama”. Kepala Sekolah SDN. 79/III Simpang Tutup Suhendri Yanto,S.Pd di konfirmasi  SN di sekolahnya sedang tidak berada di tempat bapak lagi ke Inspektorat ujar salah satu guru.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci  Morison dihubungi  SN  via hand phone mengatakan “kekurangan  Guru  itu seluruh Indonesia bukan hanya di Kerinci nanti kita akan isi dengan guru yang sudah lulus tes CPNS yang di selenggarakan secara Nasional setelah keluar pengumuman kelulusan PNS akan kita isi kekurangan guru PNS  di sekolah dan juga nanti ada PP untuk Guru Honorer untuk menjadi Guru Kontrak” sebutnya.( RA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap