Sembilu News

Curah Hujan Tinggi , Mor Anita Anggota DPRD Kab. Kerinci Menghimbau Warga Harus Waspada Bencana Longsor Dan Banjir

SembiluNews-Kerinci. Anggota DPRD Kab.Kerinci Hj.Mor Anita menghimbau kepada seluruh masyarakat Kerinci  untuk terus meningkatkan kewaspadaan akibat tingginya curah hujan, terutama bagi warga yang tinggal di lereng lereng perbukitan.

Tingginya intensitas hujan membuat sejumlah kawasan di Kerinci dan juga Kota Sungai Penuh rawan longsor dan banjir , bahkan longsor dan banjir sudah menjadi langganan terjadi di sejumlah titik titik tertentu.

   Mor Anita Anggota DPRD Kab. Kerinci

Informasi yang dihimpun wartawan SembiluSews minggu lalu  saat berbincang dengan Anggota DPRD Kerinci Hj. Mor Anita menyebutkan, jika curah hujan tinggi lokasi atau kawasan yang menjadi langganan longsor diantaranya Kec.Kayu Aro barat, Gunung Tujuh, Gunung Kerinci, Air hangat Timur serta Kec.Batang Merangin dan tidak menutup kemungkinan terjadi di kecamatan lain. Kawasan tersebut menjadi langganan longsor pasalnya kontur tanah berupa lereng perbukitan terjal. Untuk itu agar kewaspadaan kita tingkatkan termasuk pengguna jalan akibat banyaknya genangan air disepanjang jalan umum.

Dengan datangnya musim hujan diakhir tahun ,  yang biasanya diikuti banjir dan longsor tentu pasti ada penyebabnya atas kejadian tersebut , bisa saja faktor alam akibat hujan deras dalam waktu yang cukup lama dan bisa juga faktor yang diakibatkan ulah tangan manusia itu sendiri seperti terjadinya penebangan hutan alias ilegal logging sembarangan, sementara hutan dapat berfungsi untuk menyerap dan menahan air hujan yang turun atau genangan air yang terjadi dalam jumlah yang besar , jika hutan tetap saja digunduli maka banjir dan longsor bisa saja semakin lama akan semakin parah.

Zamzamil Ketua Umum LSM P2AN menghimbau agar pemerintah terutama pihak TNKS dan Dinas Kehutanan betul betul jeli dalam melaksanakan tugas , jangan warga saja tahu dimana ada penebangan hutan sementara Polhut dan TNKS tidak tahu inikan sebuah hal yang aneh juga.”tegasnya  ( AL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap