Masyarakat Bersyukur : Dana Desa Tahun 2018 Desa Sungai Dalam Membangun Drainase

SembiluNews-Kerinci. Masyarakat Desa Sungai Dalam Kec. Kayu Aro Kab. Kerinci merespon secara positif pembangunan fisik yang bersumber dari Dana Desa tahun 2018. Bagaimana tidak, pembangunan drainase yang dibangun di RT. 01, RT. 02, RT. 03, RT. 04 sepanjang 1.080 meter itu, oleh pemerintah desa dianggap sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan buruknya sistim saluran pembuangan air limbah rumah tangga dan genangan air di permukiman warga selama ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Sungai Dalam Surya Amri kepada Wartawan SembiluNews, dibangunnya drainase daerah tersebut lantaran kondisi jalan yang dilalui selama ini sangat rawan kerusakan lantaran genangan air yang terjadi saat hujan menggenangi badan jalan. Beruntung sejak drainase tersebut dibangun, jalan yang selama ini tergenangi air hujan dan air limbah warga dapat teratasi.

“Saluran drainase ini dibangun lantaran badan jalan sudah rusak karena genangan air. Baik yang berasal dari hujan, maupun yang berasal dari limbah rumah tangga. Jika air limbah rumah tangga dari warga tidak dialirkan dengan baik maka ada beberapa dampak kerugian yang dirasakan oleh warga, yakni jalan yang ada disisi drainase itu akan semakin rusak. Makanya untuk mencegah itu semua, kami membangun saluaran drainase ini agar air yang ada ditempat ini dapat dialirkan menuju saluran air yang terdapat disekitar persawahan itu,” kata Kepala Desa Sungai Dalam Mirzal Izwadi.

Kades Sungai Dalam ini menambahkan bahwa drainase yang di desanya saat ini telah mencapai tingkat penyelesaian nyaris rampung. Drainase ini merupakan salah satu usulan dari warga yang ada tiga RT, lantaran selama ini wilayah tersebut tidak ditunjang dengan saluran pembuangan air limbah rumah tangga yang baik dan memadai.
Makanya kata Mirzal, kondisi jalan yang ada menjadi rawan rusak karena selama ini air tidak ada saluran yang baik. Terkait pelaksanaan pembangunannya, Kades mengatakan bahwa tenaga kerja yang mengerjakan pekerjaan fisik dari dana desa tersebut berasal dari masyarakat kurang mampu, karena yang kita inginkan adalah pemberdayaan masyarakat yang kita lakukan. Kan beda kalau yang bikin dari masyarakat sini. Hasilnya pasti akan lebih bagus,” ujarnya ( Jo )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *